Rangkuman Bab 6 - Analisis Data

 Rangkuman Bab 6

ANALISIS DATA



Apa itu data?
Data dapat diartikan sebagai sekumpulan informasi atau keterangan yang diperoleh melalui pengamatan atau sumber-sumber.

Di kelas VIII ini, kalian akan belajar lebih lanjut untuk mengelola data dengan menggunakan fungsi pencarian, peringkasan data dengan pivot table, fungsi SUMIFS, fungsi COUNTIFS, maupun memanfaatkan fitur tables otomatis dari aplikasi lembar kerja. Kalian juga akan belajar bagaimana melakukan visualisasi data dengan chart. 

1. Pivot Table

Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya. Peringkasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses analisis data. 

2. SUMIFS dan COUNTIFS

SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu. 

Materi-materi

1. Pencarian Data
memahami tentang memakai fungsi pencarian data dalam aplikasi lembar kerja. Pencarian data diperlukan apabila kita mencari data tertentu di dalam kumpulan data yang banyak.

2. Visualisasi data 

Kalian akan belajar menampilkan data secara visual dan membandingkan beberapa tampilan data secara visual menggunakan beberapa jenis chart. Jenis chart terdiri atas pie, column, bar, line, dan area. 

3. Peringkasan Data

 Kalian akan belajar meringkas sekumpulan data yang banyak menjadi tabel yang lebih ringkas menggunakan pivot tables. Peringkasan data merupakan penerapan dari abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, hanya data yang penting yang ditampilkan. Selain itu juga kalian akan belajar tentang menghitung data dengan kondisi.

 4. Pengelolaan Data 

Kalian akan belajar mengelola sekumpulan data menggunakan Tables. Dengan Tables, proses filter, sorting, serta perhitungan total akan lebih mudah dilakukan. 

5. Studi Kasus: Visualisasi dengan chart & ringkasan data dgn pivot table 

belajar visualisasi dengan chart & ringkasan data dgn pivot table melalui kasus yang diberikan. Kalian mulai dengan mempelajari data dalam kasus yang diberikan, kemudian menentukan jenis chart yang digunakan untuk visualisasi, juga menentukan data yang penting untuk dimunculkan dalam peringkasan data. Dalam studi kasus ini, kalian dapat menentukan data yang penting (abstraksi), menentukan tahapan analisis data yang harus dilakukan (dekomposisi dan algoritma).


Sumber: Google dan Buku INFORMATIKA



Terima Kasih.



Comments

Popular Posts