Rangkuman Bab 7

 Rangkuman Bab 7 - Algoritma Pemograman

sumber: TeknoJurnal


Dengan program, komputer akan mampu menjalankan instruksi-instruksi tertentu. Instruksi-instruksi ini tersusun dari berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan, dan lain-lain. Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan melalui pemrograman visual seperti Scratch dan Blockly.


1. Kode Control, Input, dan Variable

Kode Control yang tepat akan membuat program kalian menjadi lebih sederhana karena kalian tidak perlu menuliskan hal yang sama berulang kali. Akan tetapi, kalian harus memperhatikan bahwa ada kode Control yang dapat berulang secara tidak terbatas dan terbatas.


  • input: sebuah proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable.
  • variable:  sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]
  • control: dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi
2. Kode Custom Block

Custom Block merupakan sebuah “abstraksi” dari sekumpulan instruksi! Oleh karena itu, nama Custom Block harus mencerminkan isinya. Dengan Custom Block, kalian dapat membuat blok sendiri, yang nantinya dapat berisi blok lainnya juga.


Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze



Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch

Ada berbagai cara untuk mendapatkan dan menggunakan tools ini, yaitu: 

1. Coding with Chrome (https://chrome.google.com/webstore/detail/ coding-with-chrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed) 

2. Melalui demo yang disediakan pada https://developers.google.com/ Blockly

3. Melalui https://Blockly-demo.appspot.com/static/demos/code/index.html


  • sprite: sprite adalah komponen dalam sebuah program yang merupakan gambar bitmap dua dimensi.

Setelah mempelajari bab ini kalian mampu untuk melanjutkan pemrograman dengan Scratch dan mengenal bahasa/tools baru yang sejenis dengan Scratch yang disebut Blockly, dimana Blockly lebih dekat ke bahasa pemrograman prosedural.


Terima kasih, semoga bermanfaat

sumber: buku modul Informatika kelas VIII

Comments

Post a Comment

Popular Posts