Ulangan Harian Informatika Kelas 8 (25/08/22)

Jawaban Soal Shorfina Amani U. 8E/30

  1. Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB)
  2. Menurut saya, memahami dengan tidak menggunakan komputer tidak membuat pembelajaran menjadi lebih baik karena komputer dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengimplementasikan teknologi dan informasi
  3. 6 Prinsip tersebut adalah:
    1. Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
    2. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
    3. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari,
    4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?
    5. Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk. x
    6. Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. (sumber: modul)
  4. Analisa data, contohnya antara lain; menghitung jarak dari rumah ke sekolah menggunakan rumus
  5. Sejumlah karakter yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasari Pancasila
    1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
    2. Berkebinekaan global
    3. Mandiri
    4. Bergotong Royong
    5. Bernalar kritis
    6. Kreatif
  6. Saya sudah menjalankan kegiatan sehari-hari saya dengan menerapkan Profil Pelajar Pancasila dengan saya menjalankan shalat 5 waktu, saling menolong dengan teman, berpartisipasi dalam pentas seni dan budaya, dan lainnya
  7. Membuat presentasi, mengerjakan LKPD, Dll
  8. Merakit mainan, mengerjakan tugas, mengirim pesan atau chat ke seseorang melalui aplikasi,
  9. Microsoft word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint
  10. Resume BAB 1, Resume TIK, Slideshare aman bermedia digital, menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan menjawabnya di blog. Blog saya: shorfinaumaiza.blogspot.com
  11. COVER BUKU
        


  12. PETA KONSEP 

  13. Berpikir komputasional, karena kegiatan tersebut saya lakukan pada kehidupan sehari-hari saya dan saya menikmatinya
  14. Berpikir komputasional
  15. PPT JADWAL: PPT Jadwal Pelajaran
  16. 3 bungkus gula pasir dan uang yang tersisa sebesar Rp.10.000 yang akan dikembalikan kepada Ibu
  17. Pintu nomor 1 atau pilihan A karena, lingkaran berubah menjadi persegi tidak akan mengalami perubahan bentuk sehingga, yang keluar dari pintu K adalah bentuk persegi
  18. PPT BUAH: PPT Buah Kesukaan Adik, Kaka, dll
  19. Langkah-langkah
    1. menyiapkan alat dan bahan
    2. membuka bungkus mie
    3. membuka bungkus bumbu mie dan di tuang ke dalam mangkok
    4. memasak air hingga mendidih
    5. memasukkan mie kedalam air mendidih
    6. memasak mie hingga matang
    7. meniriskan mie dan menuangkan kedalam mangkok
  20. CERITA PENGALAMAN: PPT PENGALAMAN KE BOGOR

Comments

Popular Posts